Monday, November 25, 2013

FIQIH (PASAL 4c) WUDHU (perkara sunnah)

Sunah nya wudhu ada 21 perkara:
1. Membaca basmalah,ketika seorang lupa membaca basmalah dan teringat di tengah-tengah wudhu dan membaca basmalah di tengah-tengah wudhu maka masih mendapat sunahnya wudhu,tetepi apabila teringat ketika wudhu telah selesai dan membaca basmalah maka basmalah tidak di hitung.
2. Membasuh telapak tangan hingga pergelangan tangan sebelum berkumur sebanyak tiga kali.
3. Berkumur setelah membasuh telapak tangan.
4. Menghisap air ke hidung lalu di keluarkan.
5. Mengusap seluruh kepala
6. Mengusap bagian dalam dan luar telinga dengan menggunakan air adapun caranya yaitu jari-jari tangan di masukan ke daun telinga dan memutar jari tersebut,hingga lipatan-lipatan  telinga.
7. Membasuh sela-sela rambut janggut.
8. Membasuh sela-sela jari-jari tangan.
9. Membasuh sela-sela jari kaki.,adapun tatacaranya mengawali dengan meletakkan jari kelingking tangan yang kiri di bawah telapak kaki kiri dan sebalik nya.
10. Mendahulukan anggota yang sebelah kanan.
①① bersiwak
①② berkumur sekaligus beristinsak (menghirup air)
①③ menigakalikan (satu wajib, dua makruh, tiga sunnah, empat haram "karena masuk kategori berlebihan, tetapi meskipun 100x kalau ke 99 baru terbasuh secara sempurna maka yg k 99 itu dihitung 1 dan 100 itu k 2)
①④ mengosok anggota wudhu
①⑤ melebihkan batas wudhu (melebihi siku tangan, melebihi mata kaki, seluruh rambut)
①⑥ hemat air
①⑦ Melakukan wudhu dengan cepat (antara rukun yang satu dengan rukun yang selanjutnya dikerjakan dalam tempo yang beruntun dan cepat. Tidak ditunda-tunda. Misalnya, membasuh muka lalu berhenti lama, kemudian membasuh tangan, berhenti lama, lalu mengusap kepala, dan seterusnya)
①⑧ Berdo’a ketika telah selesai berwudhu. 
« مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ – أَوْ فَيُسْبِغُ – الْوُضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ ».
“Tidaklah salah seorang dari kalian berwudhu dan ia menyempurnakan wudhunya kemudian membaca, “Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah” melainkan akan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang jumlahnya delapan, dan dia bisa masuk dari pintu mana saja ia mau” (HR Muslim)
①⑨ Barangsiapa membaca surah Al Qadr 1 kali selepas berwudhu, Allah SWT memberi 
pahala untuknya seperti beribadah selama 50 tahun. Sekiranya ia membaca 2 kali, pahalanya ialah seperti pahala yang diberi kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa a.s. Sekiranya ia membaca 3 kali, ganjarannya ialah dibuka semua pintu-pintu syurga dan boleh memilih pintu yang mana ia ingin masuk dengan tanpa dihisab dan diazab.
②⓪ menghadap kiblat
②① sholat tahiyatul wudhu

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by AsciK Drumming (Muhammad Saref Ascik)