Ilustrasi: thesaltasin.wordpress.com
Dirangkum oleh Hartono Ahmad Jaiz
- 1. Bercanda yang Mengandung Olok-olok terhadap Allah, Ayat-ayat-Nya, atau Agama Islam
Ada orang yang bercanda dengan perkataan yang mengandung olok-olok/ penghinaan terhadap Allah, ayat-ayat-Nya, Rasul-Nya atau agama Islam. (Bagaimana hukumnya)?
Jawab Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin:
Perbuatan ini yaitu mengolok-olok Allah, atau kitab-Nya, atau Rasul-Nya, atau agama-Nya; walaupun atas jalan gurauan, walaupun pada jalan membuat tertawa kaum, maka itu adalah perbuatan kafir dan munafik (kufur dan nifaq). Perbuatan itulah yang terjadi pada masa Nabi saw pada orang-orang yang berkata: “Belum pernah kami melihat orang seperti para ahli baca Al-Qur’an ini, orang yang lebih buncit perutnya, lebih dusta lisannya dan lebih pengecut dalam perang”, mereka maksudkan adalah Rasulullah dan sahabat-sahabatnya, para ahli membaca Al-Qur’an (al-quro’). Lalu turunlah ayat mengenai mereka:
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ
Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. (QS At-Taubah/ 9: 65).
Karena mereka datang kepada Nabi dengan berkata, sesungguhnya kami hanyalah mengobrol sebagaimana obrolan orang-orang yang bepergian jauh, kami dengan mengobrol itu memotong capaiknya perjalanan. Maka Rasulullah saw mengatakan kepada mereka apa yang diperintahkan Allah:
أَبِاللَّهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ(65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ
: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”
Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman…” (QS At-Taubah/ 9: 65, 66).
Segi Rububiyyah (Ketuhanan), Risalah (kerasulan), wahyu, dan agama adalah segi muhtarom (yang dihormati). Tidak boleh seseorang bermain-main padanya, tidak boleh dengan olok-olokan, tidak dengan penertawaan, dan tidak dengan penghinaan. Kalau orang mengerjakannya, maka dia jadi kafir, karena dia menunjukkan atas penghinaannya kepada Allah, para Rasul-Nya, kitab-kitab-Nya, dan syari’at-Nya. Orang yang mengerjakan itu wajib bertaubat kepada Allah dari apa yang ia perbuat, karena hal ini termasuk kemunafikan, maka wajib dia bertaubat kepada Allah, minta ampun dan memperbaiki amalnya, dan menjadikan di dalam hatinya takut Allah, mengagungkan-Nya, takut kepada-Nya, dan mencintai-Nya.
(Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, Mausu’ah al-Fatawa al-Islamiyyah, Az-Zuhri lilbaromajiyyat, Kairo, tt.):
هذا الفعل وهو الاستهزاء بالله أو بكتابه أو برسوله أو دينه ولو كان على سبيل المزاح ولو كان سبيل إضحاك القوم فهو كفر ونفاق وهو نفس الذي وقع على عهد النبي صلى الله عليه وسلم في الذين قالوا ما رأينا مثل قرائنا هؤلاء أرغب بطوناً و لا أكذب لساناً و لا أجبن عند اللقاء يعنون رسول الله وأصحابه القراء فنزلت فيهم ( ولئن سألتهم ليقولن إنما كنا نخوض ونلعب ) لأنهم جاءوا إلى النبي يقولون إنما كنا نتحدث حديث الركب نقطع به عناء الطريق . فكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لهم ما أمره الله به ( أبالله وآياته ورسوله كنتم تستهزءون . لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم ) فجانب الربوبية والرسالة والوحي والدين جانب محترم لا يجوز لأحد أن يعبث فيه لا باستهزاء و لا بإضحاك و لا بسخرية فإن فعل فإنه كافر لأنه يدل على استهانته بالله ورسله وكتبه وشرعه وعلى من فعل هذا أن يتوب إلى الله مما صنع لأن هذا من النفاق فعليه أن يتوب إلى الله ويستغفر ويصلح عمله ويجعل في قلبه خشية الله وتعظيمه وخوفه ومحبته .
- 2. Hukum mengolok-olok Allah Ta’ala, Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam, dan Sunnahnya shallallahu ‘alaihi wasallam.
Apa hukum mengolok-olok Allah Ta’ala atau Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam, atau sunnahnya shallallahu ‘alaihi wasallam?
Fatwa Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin:
Mengolok-olok Allah Ta’ala atau Rasul-Nya saw atau sunnahnya saw adalah perbuatan kafir dan murtad (kufur dan riddah), mengeluarkan manusia dari Islam karena perbuatannya itu. Karena firman Allah Ta’ala:
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَاتَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَإِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ (66)
Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”
Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami mema`afkan segolongan daripada kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. (QS At-taubah/ 9: 65, 66).
Setiap orang yang mengolok-olok/ menghina Allah, atau Rasul-Nya, atau agama Rasulullah saw maka sesungguhnya dia kafir murtad. Wajib atasnya untuk bertaubat kepada Allah. Apabila ia bertaubat kepada Allah maka Allah menerima taubatnya. Karena firman Allah terhadap mereka yang mengolok-olok itu:
لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ(66)
Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami mema`afkan segolongan daripada kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. (QS At-taubah/ 9: 66).
Allah menjelaskan bahwa Dia mengampuni segolongan dari mereka, dan itu tidak terjadi kecuali dengan taubat kepada Allah dari kekafiran mereka yang tadinya karena olok-olokan mereka itu kepada Allah, ayat-ayat-Nya, dan Rasul-Nya.
(Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, Mausu’ah al-Fatawa al-Islamiyyah, Az-Zuhri lilbaromajiyyat, Kairo, tt.):
ما حكم الاستهزاء بالله تعالى أو برسوله صلى الله عليه وسلم أو سنة رسوله صلى الله عليه وسلم
________
الاستهزاء بالله تعالى أو برسوله صلى الله عليه وسلم أو سنة رسوله صلى الله عليه وسلم كفر وردة يخرج به الإنسان من الإسلام لقول الله تعالى (ولئن سألتهم ليقولن إنما كنا نخوض ونلعب قل أبالله وآياته ورسوله كنتم تستهزءون . لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم ) . فكل من استهزأ بالله أو برسول الله صلى الله عليه وسلم أو بدين رسول الله صلى الله عليه وسلم فإنه كافر مرتد يجب عليه أن يتوب إلى الله وإذا تاب إلى الله قبل الله توبته لقوله في هؤلاء المستهزئين ( لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم إن نعف عن طائفة منكم نعذب طائفة بأنهم كانوا مجرمين ) فبين الله أنه قد يعفو عن طائفة منهم و لا يكون ذلك إلا بالتوبة إلى الله من كفرهم الذي كان باستهزائهم بالله وآياته ورسوله . (محمد بن صالح العثيمن)
- 3. Mengolok-olok Orang yang Teguh dengan Perintah Allah dan Rasul-Nya
Apa hukum orang yang menghina orang yang teguh dengan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya?
Jawab Syaikh Shalih Al-‘Utsaimin:
Mengolok-olok/ menghina orang yang teguh pada perintah-perintah Allah Ta’ala dan Rasul-Nya karena keadaan mereka mentaati perintah-perintah itu, maka (penghinaan itu) diharamkan, dan sangat berbahaya bagi seseorang. Karena dikhawatirkan kebenciannya kepada mereka itu lantaran kebencian terhadap apa-apa yang ada pada diri mereka yaitu istiqomah/ konsisten di atas agama Allah. Ketika itu maka penghinaanya kepada mereka adalah penghinaan pada jalan mereka yang mereka jalani, maka menyerupai orang yang Allah firmankan atas mereka:
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْكَفَرْتُمْ بَعْدَإِيمَانِكُمْ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ (66)
Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”
Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman..” (QS At-taubah/ 9: 65, 66).
Ayat itu hanya turun mengenai kaum dari orang-orang munafiq yang berkata: “Belum pernah kami melihat orang seperti para ahli baca Al-Qur’an ini –maksud mereka adalah Rasulullah saw dan para sahabatnya–, orang yang lebih buncit perutnya, lebih dusta lisannya dan lebih pengecut dalam perang”, maka Allah turunkan ayat ini mengenai mereka. Maka hendaknya berhat-hatilah orang-orang yang menghina ahli kebenaran karena keadaan mereka dari ahli agama. Allah berfirman:
إِنَّ الَّذِينَ أَجْرَمُوا كَانُوا مِنَ الَّذِينَ ءَامَنُوا يَضْحَكُونَ(29)وَإِذَا مَرُّوا بِهِمْ يَتَغَامَزُونَ (30)وَإِذَا انْقَلَبُوا إِلَى أَهْلِهِمُ انْقَلَبُوا فَكِهِينَ(31)وَإِذَا رَأَوْهُمْ قَالُوا إِنَّ هَؤُلَاءِ لَضَالُّونَ (32) وَمَا أُرْسِلُوا عَلَيْهِمْ حَافِظِينَ(33) فَالْيَوْمَ الَّذِينَءَامَنُوا مِنَ الْكُفَّارِيَضْحَكُونَ (34) عَلَى الْأَرَائِكِ يَنْظُرُونَ (35) هَلْ ثُوِّبَ الْكُفَّارُ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ(36)
Sesungguhnya orang-orang yang berdosa, adalah mereka yang dahulunya (di dunia) menertawakan orang-orang yang beriman.
Dan apabila orang-orang yang beriman lalu di hadapan mereka, mereka saling mengedip-ngedipkan matanya.
Dan apabila orang-orang berdosa itu kembali kepada kaumnya, mereka kembali dengan gembira.
Dan apabila mereka melihat orang-orang mu’min, mereka mengatakan: “Sesungguhnya mereka itu benar-benar orang-orang yang sesat”,
padahal orang-orang yang berdosa itu tidak dikirim untuk penjaga bagi orang-orang mu’min.
Maka pada hari ini, orang-orang yang beriman menertawakan orang-orang kafir,
mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang.
Sesungguhnya orang-orang kafir telah diberi ganjaran terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (QS Al-Muthoffifien/ 83: 29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, 36).
(Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, Mausu’ah al-Fatawa al-Islamiyyah, Az-Zuhri lilbaromajiyyat, Kairo, tt):.
الاستهزاء بالملتزمين و بأوامر الله تعالى ورسوله لكونهم التزموا بذلك محرم وخطير جداً على المرء لأنه يخشى أن تكون كراهته لهم لكراهة ما هم عليه من الاستقامة على دين الله وحينئذ يكون استهزاؤه بهم استهزاء بطريقهم الذي هم عليه فيشبهون من قال الله عنهم ( ولئن سألتهم ليقولن إنما كنا نخوض ونلعب قل أبالله وآياته ورسوله كنتم تستهزءون . لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم ) فإنما نزلت في قوم من المنافقين قالوا ما رأينا مثل قرائنا هؤلاء – يعنون رسول الله وأصحابه أرغب بطوناً و لا أكذب لساناً و لا أجبن عند اللقاء فأنزل الله فيهم هذه الآية . فليحذر الذين يسخرون من أهل الحق لكونهم من أهل الدين فإن الله يقول ( إن الذين أجرموا كانوا من الذين آمنوا يضحكون . وإذا مروا بهم يتغامزون وإذا انقلبوا إلى أهلهم انقلبوا فكهين وإذا رأوهم قالوا إن هؤلاء لضالون وما أرسلوا عليهم حافظين. فاليوم الذين آمنوا من الكفار يضحكون على الأرائك ينظرون . هل ثوب الكفار ما كانوا يفعلون ) .
- 4. Perkara-perkara Tauhid, Tidak Ada Kilah
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz:
Perkara-perkara Tauhid tidak ada alasan (dalih untuk berkilah) selama berada di antara kaum muslimin. Adapun orang yang jauh dari Muslimin dan jahil dengan itu maka urusannya ini pada Allah, dan hukumnya adalah hukum ahlil fatrot (masa jeda tidak adanya Nabi) pada hari qiyamat, di mana dia diuji. Adapun orang yang berada di antara Kaum Muslimin dan dia mendengar firman Allah swt dan sabda Rasul saw, dia tidak memperhatikan dan tidak mengarahkan pandangan, dan dia menyembah kuburan, meminta tolong padanya, atau mencaci agama; maka dia ini kafir, kafir dengan senyatanya, seperti ucapanmu “Fulan kafir”.
Wajib atas pemimpin yang memegang urusan, yaitu penguasa-penguasa muslimin, untuk meminta dia (pelaku itu) bertaubat . Apabila dia bertaubat (maka bebas), tetapi kalau tidak, maka dibunuh karena kafir (sesudah beriman). Demikian pula orang yang mengolok-olok agama, atau menghalalkan yang diharamkan Allah; seperti berkata, zina itu halal atau khamr (minuman keras) itu halal, atau menghukumkan undang-undang bikinan itu halal, atau berhukum kepada selain yang diturunkan Allah itu halal, atau bahwa ia lebih utama dari hukum Allah; semua ini murtad dari Islam, na’udzubillah (kami berlindung kepada Allah) dari yang demikian.
Wajib atas setiap pemerintahan Islam untuk berhukum dengan syari’at Allah, dan meminta bertaubat orang yang dirinya terdapat perbuatan yang merusak ke-Islamannya di antara rakyatnya. Apabila ia bertaubat (maka bebas), tetapi kalau tidak, maka wajib (hukumah itu) membunuhnya. Karena sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
مَنْ بَدَّلَ دِينَهُ فَاقْتُلُوهُ
Siapa yang mengganti agamanya (dari Islam ke lainnya) maka kalian bunuhlah dia. (Hadits dikeluarkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya). Dan dalam kitab Shahihain (Bukhari dan Muslim) dari Mu’adz bin Jabal ra bahwa ia memerintahkan sebagian pemimpin untuk membunuh orang murtad apabila ia tidak bertaubat. Dia berkata, sesungguhnya itu keputusan / ketentuan Allah dan Rasul-Nya, wajib untuk melaksanakan itu dengan perantara waliyul amri (pemimpin yang menguasai urusan Muslimin) dengan perantaraan mahkamah-mahkamah syar’iyyah sehingga terlaksana hukum Allah di atas ilmu dan penjelasan yang terang, dengan perantaraan pemimpin-pemimpin pemegang urusan Muslimin lah Allah memperbaiki keadaan semuanya. Sesungguhnya Dia Maha mendengar lagi Maha dekat.
(Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz, Mausu’ah al-Fatawa al-Islamiyyah, Az-Zuhri lilbaromajiyyat, Kairo, tt.):
أمور التوحيد.. لا عذر فيها.
الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز:
أمور التوحيد ليس فيها عذر ما دام موجودا بين المسلمين ، أما من كان بعيدا عن المسلمين وجاهلا بذلك فهذا أمره إلى الله ، وحكمه حكم أهل الفترات يوم القيامة ، حيث يمتحن ، أما من كان بين المسلمين ويسمع قال الله وقال رسوله ، ولا يبالي ولا يلتفت ، ويعبد القبور ويستغيث بها أو يسب الدين فهذا كافر ، يكفر بعينه ، كقولك فلان كافر ، وعلى ولاة الأمور من حكام المسلمين أن يستتيبوه فإن تاب وإلا قتل كافرا ، وهكذا من يستهزئ بالدين ، أو يستحل ما حرم الله : كأن يقول الزنى حلال أو الخمر حلال ، أو تحكيم القوانين الوضعية حلال ، أو الحكم بغير ما أنزل الله حلال ، أو أنه أفضل من حكم الله ، كل هذه ردة عن الإسلام نعوذ بالله من ذلك ،
فالواجب على كل حكومة إسلامية أن تحكم بشرع الله ، وأن تستتيب من وجد منه ناقض من نواقض الإسلام من رعيتها فإن تاب وإلا وجب قتله ، لقول النبي صلى الله عليه وسلم : من بدل دينه فاقتلوه أخرجه البخاري في صحيحه ، وفي الصحيحين عن معاذ بن جبل رضي الله عنه أنه أمر بعض الولاة بقتل المرتد إذا لم يتب وقال إنه قضاء الله ورسوله والواجب أن يكون ذلك بواسطة ولي الأمر بواسطة المحاكم الشرعية حتى ينفذ حكم الله على علم وبصيرة بواسطة ولاة الأمر أصلح الله حال الجميع إنه سميع قريب .
- 5. Meremehkan Islam Menjadikan Kafir
Fasal : Adapun perkataan Ibnu Taimiyyah, meremehkan Islam menjadikan kafir,
sebagaimana firman Allah Ta’ala:
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَءَايَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ (65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ
Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab: “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”
Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman. (QS At-taubah/ 9: 65, 66).
Saya tidak tahu adanya perbedaan di antara penukilan (ayat dan hadits) bahwa orang-orang yang dikenai turunnya ayat ini adalah karena perkataan mereka, bukan karena penentangan mereka terhadap Allah Ta’ala dengan ungkapan-ungkapan mereka, tetapi hanyalah karena mereka meremehkan Rasul-Nya. Peremehan mereka kepada Rasul-Nya itu menjadi penghinaan kepada-Nya swt, dan kepada ayat-ayat-Nya. Cukuplah dengan itu dia kafir.
Kemudian beliau (Ibnu Taimiyyah) menyebut apa yang dinukil dari kitab yang dikarangnya yang dinamai dengan as-Shorimul maslul ‘ala syatimir Rasul (pedang terhunus atas pencaci Rasul),dikatakan: Tidak diragukan bahwa peremehan terhadap Nabi saw adalah kufur. Dan berhujjah dengan ayat ini menunjukkan bahwa mengolok-olok Allah Ta’ala adalah kufur. Mengolok-olok ayat-ayat Allah Ta’ala adalah kufur. Dan mengolok-olok Rasul-Nya saw adalah kufur, dari segi bahwa mengolok-olok itu kafir dengan sendirinya dengan pasti. Maka tidak disebut mengolok-olok ayat-Nya dan Rasul-Nya sebagai syarat dalam hal itu. Telah diketahui bahwa mengolok-olok Rasul saw juga kufur. Kalau tidak, maka tidak ada faidahnya dalam menyebutkannya. Demikian pula mengolok-olok ayat-ayat.
Lagi pula sebenarnya olok-olok dengan perkara-perkara ini adalah berkait-kaitan. Siapa yang mengolok-olok ayat-ayat Allah Ta’ala yang dibawa Rasul saw maka dia mengolok-olok Rasul saw secara pasti. Dan siapa yang mengolok-olok Rasul saw maka dia mengolok-olok risalahnya (kerasulannya) dengan nyata. Dan siapa yang mengolok-olok ayat-ayat Allah dan Rasul-Nya maka dia mengolok-olok-Nya. Siapa yang mengolok-olok Allah maka dia mengolok-olok ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya dengan jalan pertama.
(Ibnu Taimiyyah 661-728H, Arroddu ‘alal bakri/ talkhish kitab al-istighotsah, maktabah al-ghuroba’ al-atsariyah, mainah, cet 1, 1417, muhaqqiq Muhammad Ali ‘Ajal):
الرد على البكري ج: 2 ص: 665
فصل وأما قوله وجعل الاستخفاف به كفرا كما قال الله تعالى قل أبالله وآياته ورسوله كنتم تستهزئون لا تعتذروا قد كفرتم بعد إيمانكم ولا أعلم خلافا بين النقلة أن الذين نزلت فيهم هذه الآية بسبب كلامهم لم يكونوا تعرضوا لله تعالى بعباراتهم و إنما تنقصوا رسوله فجعل استخفافهم برسوله استهزاء به سبحانه و بآياته و كفى بذلك كفرا ثم ذكر ما نقله من الكتاب الذي صنفه المسمى بالصارم المسلول على شاتم الرسول فيقال لا ريب أن الاستخفاف بالنبي صلى الله عليه وسلم كفر و الاحتجاج بهذه الآية يدل على أن الاستهزاء بالله تعالى كفر و بآيات الله تعالى كفر و برسوله صلى الله عليه وسلم كفر من جهة أن الاستهزاء كفر وحده بالضرورة فلم يكن ذكر الاستهزاء بآياته و برسوله شرطا في ذلك فعلم أن الاستهزاء بالرسول صلى الله عليه وسلم أيضا كفر وإلا لم يكن في ذكره فائدة و كذلك الاستهزاء
الرد على البكري ج: 2 ص: 666
بالآيات
و أيضا فإن الاستهزاء بهذه الأمور متلازم فإن من استهزاء بآيات الله تعالى التي جاء بها الرسول صلى الله عليه وسلم فهو مستهزئ بالرسول صلى الله عليه وسلم ضرورة و من استهزأ بالرسول صلى الله عليه وسلم فهو مستهزئ برسالته حقيقة ومن استهزأ بآيات الله ورسوله فهو مستهزئ به ومن استهزأ بالله فإنه مستهزئ بآياته ورسوله بطريق الأولى
Ancaman Allah subhanahu wa ta’ala:
وَبَدَا لَهُمْ سَيِّئَاتُ مَا عَمِلُوا وَحَاقَ بِهِمْ مَا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُونَ(33)
Dan nyatalah bagi mereka keburukan-keburukan dari apa yang mereka kerjakan dan mereka diliputi oleh (azab) yang mereka selalu memperolok-olokkannya. (QS Al-Jaatsiyah/ 45: 33).
وَقِيلَ الْيَوْمَ نَنْسَاكُمْ كَمَا نَسِيتُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَذَا وَمَأْوَاكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُمْ مِنْ نَاصِرِينَ(34)
ذَلِكُمْ بِأَنَّكُمُ اتَّخَذْتُمْ ءَايَاتِ اللَّهِ هُزُوًا وَغَرَّتْكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا فَالْيَوْمَ لَا يُخْرَجُونَ مِنْهَا وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ(35)
Dan dikatakan (kepada mereka): “Pada hari ini Kami melupakan kamu sebagaimana kamu telah melupakan pertemuan (dengan) harimu ini dan tempat kembalimu ialah neraka dan kamu sekali-kali tidak memperoleh penolong.
Yang demikian itu, karena sesungguhnya kamu menjadikan ayat-ayat Allah sebagai olok-olokandan kamu telah ditipu oleh kehidupan dunia, maka pada hari ini mereka tidak dikeluarkan dari neraka dan tidak pula mereka diberi kesempatan untuk bertaubat. (QS Al-Jaatsiyah/ 45: 34, 35).
Judul awal: Fatwa-Fatwa Tentang Mengolok-olok Islam
(via : nahimunkar.com)
0 komentar:
Post a Comment